Pages

Wednesday, June 1, 2011

Membuat Game Sederhana


Game Sederhana
Berikut ini kita akan membuat game sederhana dengan JCreatorLE
3.0. Pada game ini pemain di ajak untuk mencari gambar yang sama dengan
jumlah mencoba yang seminimal mungkin. Yang paling sedikit jumlah
mencobanya adalah pemain paling tinggi nilainya. Pada game sederhana ini
kita akan menerapkan logika bagaimana menampilkan gambar secara acak dan
menggunakan file dengan format gambar seperti jpg ,bmp, serta format gambar
lainnya pada Java.




Gambar 1 Tampilan Program

A Menyiapkan Program.
1. Sebelum membuat program Java, jangan lupa untuk menginstall JRE
dan JDK agar program Java bisa dijalankan pada Windows anda.
Dalam pembahasan ini kita akan menggunakan JRE dan JDK versi
1.6.0 yang bisa anda download di http://www.java.com.
2. Buka program JCreator anda klik Tombol Start    pada
Windows Taskbar. Kemudian klik Programs | JCreatorV3 LE |
JCreator LE, lihat Gambar 2.
 Gambar 2 Membuka Aplikasi JCreator 3.0 LE

3. Kemudian kita akan membuat Class Java dengan nama ‘CariGambar’.
Klik Menu File | New | File seperti Gambar 3.
Gambar 3 Membuat File Baru

4. Setelah itu  akan muncul kotak dialog File Wizard, lalu pilih Java File
kemudian klik Tombol next . Lihat Gambar 4.
  Gambar 4 Membuat File Java
5. Beri nama  file dengan nama CariGambar, kemudian klik Tombol location
 untuk menentukan lokasi tempat anda menyimpan file. Lihat
Gambar 5.
 Gambar 5 Menyimpan File CariGambar.java

6. Jika sudah maka tampilannya akan seperti Gambar 6
 Gambar 6 TampilanFile Selesai di Simpan

7. Dalam pembuatan program ini dibutuhkan 13 File gambar dengan
format jpg yang nantinya 12 gambar akan digunakan sebagai Image
dalam game dan 1 gambar sebagai Icon. Untuk Icon pilihlah sebuah
File gambar dengan format jpg. Kemudian ubah ukurannya menjadi
100x100 Pixel dengan menggunakan program Image Editor apa saja.
Kemudian beri nama File gambar tersebut dengan nama background.
Pada contoh gambar berikut File di Resize dan di Rename dengan
menggunakan program ACDSee. Lihat Gambar 7.
 Gambar 7 Tampilan File background.jpg

8. Untuk Image pilihlah 12 gambar format jpg yang berbeda dengan
ukuran yang sama seperti File background. Kemudian beri nama
keduabelas gambar tersebut dengan nama image1-image12 (tanpa
spasi). Lihat Gambar 8.
 Gambar 8 Tampilan File image1.jpg-image12.jpg

9. Kemudian simpanlah gambar-gambar yang sudah di Edit tadi ke dalam
Folder yang sama dengan File CariGambar.java. Lihat Gambar 9.
 Gambar 9 File-File Disimpan Dalam Satu Folder

B Listing Program.
1. Pada Jendela Kode File CariGambar.Java ketikkan kode program
berikut ini :





Keterangan :
-  Baris 1-4 merupakan fungsi Java API yang akan kita gunakan untuk memanggil
  kompenen-komponen GUI(Graphical User Interface) Java.
-  Baris 5-6 mendeklarasikan class Carigambar.
-  Baris 7-22 mendeklarasikan Variabel dan Object yang akan digunakan.
-  Baris 23-82 kode-kode pengaturan tampilan dan posisi Object yang digunakan.
-  Baris 83-86 memanggil Method shuffleCards.
-  Baris 87-111 kode Method shuffleCards dengan logika Array yang berfungsi
   untuk mengacak file image1-12 kemudian menampilkannya kembali.
-  Baris 112-174 merupakan kode-kode logika dalam game AcakGambar.
  Pada Baris 115-120 kode-kode untuk mengosongkan nilai Variabel.
  Pada Baris 121-127 kode-kode logika jika pemain mengklik gambar ke-3 maka
  secara otomatis gambar 1dan 2 dianggap tidak terseleksi, karena pemain hanya
  boleh   melihat 2 gambar saja.
-  Baris 128-153 kode-kode logika jika salah satu dari sepasang gambar yang dipilih
  tidaklah sama.
-  Baris 154-167 kode-kode logika jika semua gambar dari sepasang gambar yang
  dipilih adalah gambar yang sama.
-  Baris 168-174 kode-kode logika jika semua gambar berhasil dibuka, maka game
   selesai.

Keterangan :
-  Baris 175-178 kode-kode perintah untuk keluar dari program ketika Tombol Exit
   di klik.
-  Baris 179-186 kode-kode perintah untuk menampilkan File-file gambar pada  saat
  program dijalankan.
-  Baris 187-190 kode-kode perintah memberi nama pada komponen-komponen
  Swing.
-  Baris 191 akhir blok kode class CariGambar.

2. Kemudian klik Icon Compile   pada Menu Toolbar agar program
CariGambar.java diubah menjadi CariGambar.class. Lihat Gambar10.
 Gambar 10 Meng-Compile kode FileCariGambar.java

C Menjalankan Program.
1. Untuk menjalankan program klik Icon Execute File   pada Menu
Toolbar lihat Gambar 11.
 Gambar 11 Menjalankan Program

2. Tampilan program akan terlihat seperti Gambar 12.
 Gambar 12 Tampilan Program CariGambar

3. Untuk mengulang atau memulai permainan klik Tombol Acak Gambar.
Jika ingin berhenti klik Tombol Keluar. Lihat Gambar 13.
 Gambar 13 Fungsi Tombol

4. Untuk bermain klik keduapuluhempat gambar yang ada dan carilah
sepasang gambar yang sama. Lihat Gambar 14.

Gambar 14 Cara Bermain

5. Jika berhasil menemukan sepasang gambar yang sama, maka secara
otomatis sepasang gambar tersebut hilang dari tampilan. Lihat
Gambar 15.
 Gambar 15 Tampilan Menemukan Gambar Yang Sama

6. Jika berhasil menyelesaikan game, maka akan nilai jumlah berapa kali
anda mencoba membuka sepasang gambar. Semakin kecil jumlah
mencoba nya berarti semakin tinggi nilainya. Lihat Gambar 16.

Gambar 16 Tampilan Game Selesai

DOWNLOAD   Membuat Game Sederhana

No comments:

Post a Comment